Rabu, 14 Oktober 2009

MEMBUAT EFEK GITAR SENDIRI

Banyak sekali jenis fx gitar yang sering kita jumpai namun yang paling banyak dibutuhkan adalah jenis distorsi. Apalagi bagi anda yang suka bermain dengan aliran rock.
OK Ga usang panjang lebar. Langsung saja ke topik kita. Sebenarnya kita bisa membuat sendiri fx distorsi, tentu saja kita harus punya pengetahuan dasar elektronika. Ga usah ahli yang penting bisa nyolder saja sudah cukup. Sebelumnya kita perlu tahu dulu bagaimana prinsip kerjanya fx distorsi ini. Simpel saja, pada dasarnya rangkaian penguat audio ada 2macam yaitu penguat awal dan penguat akhir. Lalu apa hubungannya dengan distorsi? Distorsi artinya adalah semrawut, coba saja anda colokan input efek distorsi anda ke music player,maka anda akan mendengar suara musik yang hancur. Iya kan?.. Kembali ke penguat awal, input rangkaian penguat awal ini memiliki batas maksimum, bila kita memberikan sinyal melebihi kemampuannya, maka sinyal audio tersebut menjadi semrawut setelah melewati rangkaian ini.
Sekarang kita mulai proyek kita untuk membuat efek distorsi. Kita membutuhkan rangkaian penguat awal, pakai saja pre-amp mic yang banyak dijual di toko2 part elektronik. PCBnya sangat kecil ukurannya kira2 2x4cm. Siapkan 3buah pre-amp dan rangkailah ke 3 pre-amp tersebut secara seri, yaitu sbb; hubungkan output pre-amp1 ke input pre-amp2, output pre-amp2 ke pre-amp3. Lihat gbr.1
Sekarang dapat kita lihat bahwa pre-amp3 akan menerima sinyal yang tinggi karena telah melalui 2 tingkat penguatan didepannya. Berarti efek kita sudah jadi, sebagai tambahan pasanglah potensiometer di in-put pre-amp1 untuk mengatur distorsi. Dan tambahkan potensiometer di out put pre-amp3 untuk mengatur volume. Gambar.2 dan Gambar.3.

gambar.2(volume)



gambar.3(gain)
Tinggal ngetes aja colokin gitar ente, nyalain tuh ampli, wow anda berhasil membuat efek distorsi Sampai disini dulu mudah-mudahan bermanfaat, atau paling tidak bisa menambah pengetahuan

13 komentar:

Anonim mengatakan...

bos gimana caranya n contoh gambar nya please

joan_bz mengatakan...

Wew, ma'af nich. Gambarnya ga keliatan ya, gw coba upload lg ya.

Moch. Nachli mengatakan...

Kasih contoh yang baik dong....jangan ngawur begitu...!

NANDANG HERMAWAN mengatakan...

mantap gan saya ngerti ...cuman bunyi nois ny kenceng...tinggal sambungin kabel graunding .ke badan potensio meter..

dhani ramdhani mengatakan...

wahhh krennn bnget nichh gan..

sukses gannn

Unknown mengatakan...

mau nyoba..

Unknown mengatakan...

Boss. Rangkaiannya yg jelas donk.

Unknown mengatakan...

asik dah efeknya

Unknown mengatakan...

asik dah efeknya...

Unknown mengatakan...

asik dah efeknya

Unknown mengatakan...

Kurang lengkap komposisiny gan,,

Unknown mengatakan...

Oke tu gan...gwe efect gwe sudah jadi...distorsinya...brrrrrrrrrrr......sangar choyyy..mksh ilmunya.

Darman ajja mengatakan...

Gimna suaranya..?? Yg dah bikin.. coba kasih link yutubenya..